Tuesday, February 16, 2010

Korean Wave & KPOP

Well, inilah postingan pertama (atau kedua?) gua.....

Dari judulnya pasti dah tau dong tentang apa postingan ini? Yak! Demam Korea atau bahasa gahulnya Korean Wave atau yang lebih gahul lagi Hallyu Wave dan juga tentang KPOP. Sebenernya gua bingung mau ngasih judul apa, tadinya mau pisah aja bahasannya tapi akhirnya gua putuskan untuk digabung deh soalnya berhubungan juga sih... Ini gua ngambil dari Wikipedia, so let's check it out!!!

Korean Wave atau Korean Fever merujuk pada peningkatan secara signifikan popularitas budaya Korea Selatan di seluruh dunia sejak abad 21, terutama di kalangan Generasi Net. Hal ini juga disebut sebagai Hallyu (Hangul: 한류; Hanja: 韩流; RR: Hallyu), dari pengucapan Korea. Istilah ini diciptakan di Cina pada pertengahan tahun 1999 oleh wartawan Beijing yang terkejut oleh popularitas Korea Selatan yang berkembang cepat di Cina.

Korea Selatan adalah salah satu dari sepuluh negara teratas dunia sebagai eksportir budaya dan Korean Wave dimulai dengan meng-ekspor drama TV Korea seperti Autumn Fairy Tale, Winter Sonata, Dae Jang Geum (Jewel In The Palace), dan Princess Hours di seluruh Asia Timur dan Asia Tenggara. Keberhasilan pertumbuhan drama korea segera diimbangi dengan film korea, musik pop, makanan dan bahasa.

Meskipun populer di seluruh Asia, pengaruh Korean Wave paling terlihat di Cina, Jepang dan Asia Tenggara, lalu menyebar ke India, Timur Tengah, Asia Tengah, Iran, Israel, Turki dan Rusia. Korean Wave berkembang pesat di luar Asia melalui internet dan juga menyebar ke Utara, Tengah dan Amerika Selatan, khususnya di Chile, Meksiko dan Argentina, dan semakin menjadi populer di Amerika Serikat. Selain itu juga menyebar di Eropa Timur dan Skandinavia, antara lain oleh Hungaria dan Norwegia. Hal ini juga mengumpulkan banyak minat positif di Afrika Utara, menarik penonton yang cukup besar di Mesir. Saat ini, Korean Wave mulai "menghantam" Kerajaan Inggris dan Australia.



K-pop adalah singkatan untuk korean Pop, khususnya dari Korea Selatan. Banyak seniman dan kelompok musik dari Korea Selatan dan telah menjadi populer di banyak negara di seluruh dunia. Popularitas K-pop seringkali dianggap sebagai bagian dari kebangkitan Korean Wave.

Musik populer korea modern pertama kali muncul di tahun 1930-an, sangat dipengaruhi oleh lagu-lagu populer Jepang. Musik Korea memiliki banyak boyband atau girlband. Pada tahun 1970-an, musik rock diperkenalkan ke Korea Selatan, terutama yang dipopulerkan oleh Cho Yong-pil. Trot, musik pop yang terinspirasi oleh musik gaya Jepang, juga menjadi genre utama dalam musik pop.

Debut grup Seo Taiji and Boys tahun 1992 menandai suatu titik balik dalam musik populer Korea Selatan, ketika kelompok itu dimasukkan unsur-unsur musik populer Amerika genre seperti rap, rock, dan techno ke dalam musik, yang membawa penurunan popularitas dari trot. Musik yang berorientasi dance menjadi dominan di Korea Selatan di awal 90-an termasuk duo hip-hop legendaris Deux. Pertengahan tahun 90an ditandai dengan munculnya grup idola remaja, menciptakan tren yang berbeda dalam musik. Grup-grup seperti HOT, sechs Kies, Shinhwa, SES, dan G.O.D menjadi sangat populer, memiliki fanbases kuat dan penjualan album tinggi.

Saat ini, di tahun 2000-an, kelompok pop masih sangat populer walaupun sudah ada muncul grup R & B dan Hip-Hop, seperti MC Mong, 1TYM, Rain, 2, Big Bang, Super Junior, dan TVXQ telah terbukti berhasil. Artis Underground seperti Drunken Tiger, Tasha (Yoon Mi Rae) juga membantu Hip-Hop menjadi mainstream. Baru-baru ini, musik rock telah menjadi diperhatikan oleh publik, dengan tindakan seperti Yoon Do Hyun Band dan Seo Taiji memperoleh pengakuan nasional. Selain itu, ada juga artis techno / dance populer seperti Lee Jung Hyun dan Kim Jung Hyun, yang keduanya telah memiliki karir yang sangat panjang. Untung saja, Ballad dan R & B tetap populer, seperti penyanyi seperti Baek Ji Young dan KCM, ditambah dengan SG Wannabe, telah melanjutkan kesuksesan mereka selama bertahun-tahun.

Ada juga seniman yang telah sukses di internasional. BoA telah menjadi artis dengan penjualan internasional tertinggi dari Korea Selatan. Sejak itu, artis-artis seperti Rain dan Se7en juga merilis album di luar Korea Selatan, menjadi terkenal di seluruh Asia Timur. Rain juga punya International Rainy Day 2005 Tour dan baru-baru ini muncul dalam film-film Hollywood.

K-pop mirip dengan musik pop Inggris, dengan R & B, dance, dan hip-hop menjadi sangat populer di tahun 2000-an. Namun, tidak seperti musik pop Inggris, yang sebagian besar boyband dan girlband, bubblegumpop masih sangat populer di Korea Selatan. Grup seperti TVXQ, Super Junior, SS501, SHINee, Big Bang, SNSD terus menjadi top sellers dalam K-pop, dan artis-artis seperti Ahyoomee dan hal-hal baru LPG telah merilis lagu, untuk berbagai tingkat keberhasilan. Namun, tahun 2000-an adalah bangkitnya grup vokal R & B , seperti SG Wannabe, SeeYa dan Davichi yang telah sukses dengan album mereka. Ballad juga sangat populer, termasuk Shinhwa dan Baek Ji Young. Tahun 2007 ini ditandai dengan munculnya banyak girlband dan boyband, walaupun hanya beberapa yang berhasil di puncak tangga lagu. Walaupun band-band baru memulai debutnya, penjualan CD menjadi semakin rendah, karena stagnasi industri K-pop . Penjualan album Tertinggi tahun 2007 bahkan tidak mencapai 200.000.

Awal 2008 adalah bangkitnya dominasi elektronik di K-pop, dipengaruhi oleh Big Bang yang merilis mini-album Always. Contoh-contoh terkenal termasuk Jewelry "One More Time "dan Brown Eyed Girls '"LOVE" Bahkan seniman yang merilis musik di genre lain telah merilis album electronic sesuai dengan tren saat ini, termasuk Epik High, Gummy, Clazziquai, dan Lee Seung-Cheol.

Yahh, gak dipungkiri gua adalah salah satu dari berjuta-juta manusia yang terkena demam Korea. Bermula dari drama kini gua sangat addict sama musiknya (baca : Kpop).
Mungkin ada beberapa dari kalian yang tau, nama-nama boyband atau girlband yang disebutin diatas (yah kalo gak tau ya gak dipaksa kok hehe). Dan sekarang gua amat sangat addict sama duo Fly To The Sky aka FTTS (Korean: 플라이 투 더 스카이) yang terdiri dari Hwanhee (Korean: 환희) dan Brian Joo (Korean: 브라이언).. ditambah lagi seorang namja yang sangat imut-imut di Shining Inheritance (kekekeke XD), tak lain dan tak bukan adalah Lee Seung Gi (Korean: 이승기). Well genre musik mereka adalah Ballad R&B, that's why gua jadi suka musik Ballad R&B hehehehe.. tapi gak menutup kemungkinan gua suka kpop dengan genre dance, hiphop atau yang lain selama nyaman dikuping kenapa enggak??? hahaha..

Dan sekarang gua merasakan Korean Wave sedang berkembang sangat pesat di negara kita tercinta ini. Apalagi kalo bukan karena drama-drama yang lagi hot-hotnya ditayangin di stasium lele terbang itu.. Lain waktu gua mau bahas di sini!! Tunggu aja hahahaha :D

Oke oke.. sekian postingan gua hari ini.. Agak panjang memang. Semoga gak bosan yahh^_^

Cr : Wikipedia *dengan sedikit editan dari saya :)

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright My Neverending Story~~ 2009. Powered by Blogger.Designed by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul .