Sunday, May 02, 2010

SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL :)

Hayoo tau hari ini hari apa??? Hari Minggu?? Iya bener sekali!!! hahaha *geje sekali saya -_-*
Lebih tepatnya tuh sekarang adalah Hari Pendidikan Nasional alias Harpitnas Hardiknas yang jatuh pada setiap tanggal 2 Mei setiap tahunnya yang juga merupakan hari lahirnya Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara (nama asli : Raden Mas Soewardi Soeryaningrat)


Ki Hajar Dewantara

Ajaran beliau yang amat sangat terkenal di seantero jagad negeri Indonesia ini adalah "TUT WURI HANDAYANI" yang banyak kita liat dibaju-baju seragam anak sekolahan... Sebenernya masih ada kata-kata sebelumnya yang lebih lengkap dan kalo diartikan itu cukup panjang, yaitu  ing ngarsa sungtulada (di depan memberi teladan), ing madya mangun karsa (di tengah menciptakan peluang untuk berprakarsa), tut wuri hndayani (di belakang memberi dorongan).



Kalo inget Hardiknas dan gambar itu pasti langsung kepikiran tentang  sekolah dan pendidikan kan?? *yaiyalaahh -_-*
Terus gimana cara memaknai hardiknas ini?? sebenernya saya sendiri juga masih bingung loh! *ditampol*
Apakah harus rajin-rajin masuk sekolah/kuliah, gak pernah bolos, rajin ngerjain tugas-tugas, gak boleh nyontek atau bagaimana???

Kalo diliat-liat masih banyak banget masalah pendidikan di negri kita ini yang belum terselesaikan ehh malah nambah masalah baru. Bukan begitu bukan??
Misalnya masih banyak anak-anak yang gak sekolah dengan alasan "BIAYA MAHAL" walaupun sekarang pemerintah udah membuka bantuan untuk sekolah kayak BOS (bantuan Operasional Sekolahh atau meng-gratiskan beberapa sekolah, tapi tetep aja banyak yang berpikir sekolah dan pendidikan itu mahal... Sangat ironis melihat anak-anak kecil yang harusnya ada di sekolah ehh malah ngamen di jalanan. Saya suka kesian kalo liat anak2 yg spt itu......

wah pokoknya banyak lah, gak cukup kalo dijabarkan satu persatu disini....
At least, saya mau ngucapin "selamat hari pendidikan nasional"
Semoga pendidikan Indonesia jadi lebih baik lagi ke depannya... amin~

1 comments:

Puti said...

Selamat hari pendidikan nasional juga. Salam kenal

Post a Comment

 
Copyright My Neverending Story~~ 2009. Powered by Blogger.Designed by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul .